Kyai Sa’dulloh: Tingkatkan Ibadah dan Berdoa Agar Terhindar Covid-19

Sumedang - "Ikhtiar secara medis telah banyak dilakukan seperti dengan melakukan vaksin, mematuhi protokol kesehatan yang didalamnya termasuk menjaga kebersihan, meningkatkan asupan gizi untuk daya tahan tubuh. Tapi untuk sekarang tak kalah penting dilengkapi dengan peningkatan ibadahberdoa untuk sehat," ujar tokoh ulama yang juga mantan Ketua PCNU Kabupaten Sumedang, KH Sa'dulloh, Minggu 28 November 2021.

 

KH Sa'dulloh menyerukan agar warga lebih meningkatkan aktivitas ibadah, terutama berdoa untuk terhindar dari kesulitan pandemi Covid-19. Ikhtiar beribadah dan berdoa, tak kalah penting dengan ikhtiar secara medis. Dalam konteks ibadah, manusia bisa hidup bersih dan merasakan ketenangan hati.

 

Ia mengungkapkan, wabah pandemi yang telah berlangsung hampir dua tahun merupakan kehendak yang maha kuasa. Kondisi ini merupakan ujian untuk umat di dunia. Oleh karenanya, ujian ini harus menjadi hikmah bagi semua masyarakat. Tentunya ujian harus diterima dengan ridho.

 

Ia menegaskan, untuk mencegah dan memerangi Covid-19 bukan hanya tanggung jawab pemerintah. Tapi tanggung jawa semua masyarakat. Ketika masyarakat mematuhi aturan dan kebijakan, dengan sendirinya sudah membantu pemerintah dalam memerangi Covid-19.

 

"Kami rasa meningkatkan ibadah membantu doa adalah bagian dari upaya yang harus kita lakukan. Semoga dengan banyaknya doa bisa dikabulkan," ujarnya.

 

Sa'dulloh juga mengajak masyarakat tetap waspada akan bahaya Covid-19, meski saat ini angka Covid-19 di Sumedang melandai. Tapi masyarakat senantiasa harus terbiasa mematuhi protokol kesehatan.