Kunjungi Pesantren Al-Hikamussalafiyyah, Uu Berjanji Buat Perda Khusus Pesantren

SUMEDANG- Calon Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah, Sukamantri, Tanjungkerta, Kabupaten Sumedang, Selasa (20/2/2018).

Uu mengungkapkan kedatangannya ke Ponpes tersebut tidak hanya untuk bersilaturahmi melainkan juga untuk mendengarkan apa yang menjadi harapan para kyai kepada Gubernur-Wakil Gubernur Jabar kedepannya.

“Intinya para kyai ingin diperhatikan oleh pemerintah, karena pesantren sudah membantu pemerintah khususnya dalam pembangunan karakter, pembangunan manusia seutuhnya, akhlak, moral, keimanan dan ketaqwaan,” ujar Uu kepada PRFM, Selasa (20/2/2018).

Menurutnya, mereka berharap ada bantuan dari pemerintah seperti halnya kepada pendidikan formal.

“Kalau pendidikan formal kan, gurunya dapat gaji, bangkunya dari pemerintah, kebutuhannya juga, yang diharapkan mereka tidak ada pembeda antara pendidikan formal di sekolah dengan pesantren,” ungkap Uu.

Uu juga menyoroti ekonomi pesantren harus berjalan mandiri jangan hanya bergantung pada bantuan dari pemerintah.

“Pemerintah harus membidani dan mendorong lahirnya pengusaha-pengusaha yang berasal dan berada di pesantren. Ingin adanya koperasi pesantren atau lembaga lain. Jadi pesantren ini kehidupannya dibantu oleh koperasi-koperasi pesantren tersebut,” ungkapnya.

Sebagai bentuk komitmennya dalam memperhatikan aspirasi-aspirasi dari kalangan pondok pesantren, Uu pun berjanji apabila terpilih, akan membuat Perda khusus tentang pondok pesantren.

“Perda yang pertama akan kami buat adalah Perda pesantren, karena tidak bisa membantu pesantren kalau tidak ada legalitas. Dengan adanya Perda ini akhinya akan mengarah kepada anggaran karena kalau tidak ada Perda tidak bisa ada anggaran,” tambahnya.

Sementara itu, Pak Jujun salah seorang tokoh Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah menyambut baik tentang visi misi pasangan Rindu terkait perhatiannya terhadap pondok pesantren.

“Kami menyambut baik apalagi ada rencana dibuatkan Perda khusus untuk pesantren. Harapan kami kedepannya yang terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar betul-betul memperjuangkan pesantren. Karena pesantren merupakan cikal bakal berdirinya bangsa,” harapnya.

Sebelum mengunjungi Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah, Uu juga sempat mengunjungi pasar hewan Tanjungsari, pasar tradisional Tanjungsari dan Pondok Pesantren Al-Mahmud, Tanjungsari, Kabupaten Sumedang.

 503 kali dilihat,  4 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *